Selasa, 06 Agustus 2013

Dewan Syuro PKB Istiqomah Dukung KarSa

Dewan Syuro PKB Istiqomah Dukung KarSa
Senin, 05 Agustus 2013 21:19:27 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.


Surabaya (beritajatim.com) - Meskipun Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah menyatakan bakal all out mendukung pasangan Khofifah-Herman S Sumawiredja dalam pilgub Jatim mendatang, tampaknya Dewan Syuro PKB tetap berkata lain.


Ini terbukti pada Minggu (4/8/2013) malam lalu, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) bertandang ke rumah KH Azis Mansyur, ketua Dewan Syuro DPP PKB yang juga pengasuh Ponpes Tarbiyatun Nashiin, Pacul Gowang, Jombang. "Kami sudah memiliki hubungan baik dengan beliau. Ini merupakan silaturahmi kami yang kesekian kalinya," ujar cawagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Senin (5/8/2013).

Sementara KH Azis Mansyur mengatakan bahwa dirinya mendukung KarSa lahir batin. "Alasannya, KarSa mampu meneruskan perjuangan para kiai," dalihnya.

Selain bertandang ke rumah KH Azis Mansur, KarSa juga bersilaturrahim ke KH Abdul Salam Mujib, Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jatim yang juga pengasuh ponpes Al Khoziny, Buduran, Sidoarjo.

KH Abdul Salam Mujib mengungkapkan, pihaknya tetap mendukung pasangan KarSa. "Sejak kami mengeluarkan rekomendasi yang mendukung pasangan KarSa, kami belum pernah mencabutnya. Dukungan kami (dewan syuro PKB Jatim, red) masih tetap pada pasangan KarSa," tegasnya

Sebagaimana diketahui bersama, pada Februari 2013 lalu, DPW PKB Jatim memang mengeluarkan rekomendasi yang isinya meminta dewan tanfidz PKB untuk mengusung pasangan KarSa. Namun menurut Kiai Abdussalam Mujib namun hingga kemarin, dewan syura PKB Jatim tak pernah diajak ngomong sedikit pun soal pilgub Jatim.

"Hingga hari ini, kami juga belum pernah bertemu dengan Khofifah. Tapi, malah dengan Gus Ipul, kami sering bertemu dan berkomunikasi," ungkapnya.

Selain itu, KH Abdul Salam Mujib juga mengatakan bahwa pihaknya ketika mengambil rekomendasi mendukung KarSa bukan merupakan keputusan sepihak. "Tapi, kami juga berkonsultasi dan meminta petunjuk dari sejumlah kiai di Jatim. Jadi, sebenarnya keputusan kami ini adalah bentuk pengkhidmatan kami kepada para ulama di Jawa Timur," tambahnya

Terpisah, Sekretaris DPW PKB Jatim Thoriqul Haq menolak berkomentar soal dukungan dewan syuro PKB yang berbeda dengan dewan tanfidz. "Kami menghormati keputusan beliau-beliau yang ada di dewan syuro," tuturnya. Hanya, soal all out, tentu kami akan mendukung Khofifah-Herman sesuai dengan keputusan DPP PKB. [tok/but]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar